Langsung ke konten utama

Implementasi Kegiatan PKB GURU Matematika MTs KKM 4 dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Metode Diskusi di MTs Al Hikmah Pucangsimo Bandar Kedungmulyo Jombang

Penulis: Baiti Jannati, S.Pd.

 

Pendidikan merupakan proses yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga harus dilakukan secara profesional. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru Pasal 10 ayat (1) mengamanatkan bahwa guru yang profesional harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Keempat kompetensi tersebut merupakan suatu kesatuan yang menjadi ciri guru profesional. Agar guru dapat melaksanakan tugas profesinya dengan baik, seorang guru perlu meningkatkan kompetensi dan kinerjanya secara bertahap, berjenjang, dan berkelanjutan melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru.

Strategi pelaksanaan PKB guru madrasah yang ditempuh oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah melalui MGMP. Untuk mendukung program tersebut, disediakan pula modul sebagai salah satu aternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk mempelajari konten materi, merancang pembelajaran dan cara mengajarkannya, mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik, mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

Tujuan modul tersebut Meningkatkan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru melalui kegiatan PKB, meningkatkan hasil Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Menfasilitasi sumber belajar guru dan peserta didik dalam mengembangkan kurikulum, mempersiapkan dan melaksanaan pembelajaran yang mendidik.

Manfaat yang ingin dicapai sebagai sumber belajar bagi guru dalam melaksanakan PKB untuk mencapai target kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional, sumber bagi guru dalam mengembangkan kurikulum, persiapan dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik, bahan melakukan asesmen mandiri guru untuk peningkatan keprofesionalan, sumber dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik, sumber belajar bagi peserta didik untuk mencapai target kompetensi dasar. Adapun Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah juga menyediakan modul untuk inspirasi perangkat pembelajaran  Guru kepada Peserta didik. Dalam modul tersebut disediakan pula Petunjuk Penggunaan Agar Anda berhasil dengan baik dalam mempelajari dan mempraktikkan modul tersebut

Kegiatan Pembelajaran untuk menyelesaikan setiap Unit Pembelajaran dilakukan melalui tatap Muka In-On-In


Lakukan penilaian mandiri sebagai refleksi ketercapaian target kompetensi.

Gambar 1 Alur Tatap Muka In-On-In

Kegiatan In Service Learning 1.

Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka untuk mengkaji materi bersama fasilitator dan teman sejawat. Kegiatan yang dilakukan diantaranya: melakukan analisis kurikulum dan analisi hasil belajar untuk mengetahui kebutuhan kompetensi peserta didik, mempelajari konten materi pembelajaran, mendiskusikan materi ajar yang sulit atau berpeluang terjadi miskonsepsi, mendesain pembelajaran yang sesuai dengan daya dukung madrasah dan karakteristik peserta didik, mempelajari dan melengkapi LKPD, mempersiapkan intrumen penilaian proses dan hasil belajar, dalam kegiatan ini, jika berkenan guru juga dapat juga dilakukan rencana pengambilan data untuk dikembangkan menjadi Penelitian Tindakan Kelas.

Dalam perencanaan ini guru melaksanakan Kegiatan In Service Learning 1 di di MTs Al Hikmah Pucangsimo Bandar Kedungmulyo Jombang di Kelas 7A dengan jumlah 22 siswa, 16 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan.

No

NISN

Nama

L/K

Tempat

Tanggal Lahir

1

3081091831

Igusti Bayu Suwarno

L

Kediri

13 Agustus 2008

2

3081131333

Levina Putri Oktavia

P

Jombang

10 Agustus 2008

3

0094266054

M. Amer Hamzah

L

Jombang

15 Januari 2009

4

3099510054

M. Buja Hamka

L

Jombang

13 Januari 2009

5

3080116302

M. Imam Alif Wahyudi

L

Jombang

21 Nopember 2008

6

3080279394

M. Zidan Izzul Fikri

L

Jombang

23 Maret 2008

7

0084314013

Mochammad Rendy Wijaya

L

Sidoarjo

08 Mei 2008

8

3087528341

Mohammad Nabil Ainurrafif

L

Jombang

14 Nopember 2008

9

0082816656

Muhammad Alfian Arya Denanda

L

Jombang

28 Mei 2008

10

0087808476

Muhammad Arga Jaya Saputra

L

Jombang

10 Oktober 2008

11

3090458011

Muhammad Asrom

L

Jombang

15 April 2009

12

0084126400

Muhammad Dava Firdaus

L

Jombang

02 Oktober 2008

13

0092802906

Muhammad Maulana Ubaidillah

L

Jombang

17 Maret 2009

14

3087949517

Muhammad Raihan Al Karromaini Cidiyat

L

Kediri

19 Nopember 2008

15

3087191389

Muhammad Syaifulloh Yusuf

L

Kediri

24 Mei 2008

16

3092560812

Muhammad Zidan Ali

L

Jombang

13 Februari 2009

17

3089291002

Novia Rahmita Putri

P

Jombang

29 Oktober 2008

18

0098084065

Raldiansyah Riko Efendi

L

Jombang

06 Maret 2009

19

3095362963

Riska Sari

P

Jombang

17 Februari 2009

20

3094642762

Safira Nurul Hidayah

P

Jombang

10 Juli 2009

21

0099011516

Suci Nur Laili

P

Jombang

01 Juli 2009

22

3089044958

Whilda Nia Hafia

P

Jombang

08 Juni 2008

 

Kegiatan On Service Learning

Kegiatan On Service Learning. Guru dapat mengkaji kembali uraian materi secara mandiri dan melakukan aktivitas belajar di madrasah, membuat catatan-catatan peluang dan hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran dan data pendukung PTK. Hasil kegiatan on baik berupa tugas lembar kerja maupun tugas lainnya dilampirkan sebagai bukti fisik bahwa Anda telah menyelesaikan seluruh tugas on yang ada di madrasah.

Sebelum mempraktikkan modul, ada beberapa perangkat pembelajaran, alat dan bahan yang harus disiapkan oleh guru dan peserta didik agar proses pembelajaran berjalan dengan baik di antaranya kertas kartoo, spidol merah, spidol biru, spidol hitam, spidol hitam, gunting dan kertas origami.

Description: E:\DOWNLOAD\257627369_564212175033096_6810909068239197374_n.jpg

Description: E:\DOWNLOAD\256221017_564212235033090_4590258436233604874_n.jpg

Description: E:\DOWNLOAD\258188012_564212288366418_1534569848338375695_n.jpg

Description: E:\DOWNLOAD\257379511_564212348366412_4682044238467516404_n.jpg

Gambar 2 Lembar Kerja Peserta Didik

Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode diskusi ini, guru mengalami berbagai hal menarik saat melaksanakan Kegiatan On Service Learning, pembelajaran antara lain; kegiatan diskusi diskuasi memerlukan waktu yang cukup banyak, ssehingga guru harus membuat waktu seefisien mungkin, guru juga tidak membiarkan siswa tidak aktif begitu saja dalam kegiatan diskusi, proses diskusi ini cukup seru karen kegiatan ini siswa harus menuangkan jawaban LKPD dalam bentuk yang unik dan kreatif, setelah diskusi berakhir diskusipun dimulai namun siswa belum terlalu berpengalaman dalam kegiatan diskusi sehinga,guru harus memberi contoh dulu dalam melaksanakan presentasi dikarenakan saat siswa mulai berpresentasi mereka tidak tahu apa yang harus mereka katakan, sehingga guru memberi contoh agar siswa dapat terahrahkan saat melaksanakan presentasi, kegiatan presentasi sangat lucu sekali dilakukan oleh siswa yang memiliki bakat melucu namun presentasi dapat  berjalan dengan baik, kegiatan ini diabadikan pula oleh guru yang bersangkutan dalam channel YouTubenya @BaitiJannati94

Gambar 3 Presentasi Siswa

https://www.youtube.com/watch?v=NEqnDiUV-Tc

Menurut beberapa peserta didik kegiatan diskusi ini sangat menyenangkan, data ini di dapatkan pada survei yang dilakukan oleh guru pada peserta didik menggunakan google form, beriku ini beberapa kesan peserta didik mengikuti Kegiatan On Service Learning

 

Time

stamp

Kelas

NAMA

Bagaimana kesanmu belajar Matematika bersama Bu Baiti? (tulis minimal 5 kata, menggunakan bahasamu, bebas dan sopan)

Menurutmu, apakah Matematika pelajaran yang menyenangkan? (tulis minimal 5 kata, menggunakan bahasamu, bebas dan sopan)

11/25/2021 17:44:13

7 A

LEVINA PUTRI OKTAVIA

Sangat senang dan menyenangkan sekali

Ya sangat menyenangkan sekali

11/25/2021 17:45:27

7 A

RISKA SARI

Sangat Seru,dan  mudah di pahami

Tidak, karena saya tidak begitu suka dengan matematika

11/25/2021 17:57:32

7 A

MOHAMMAD NABIL AINURRAFIF

Bagus

Biasa saja

11/25/2021 18:14:16

7 A

MOCHAMMAD RENDY WIJAYA

Asik

Menyenangkan

11/26/2021 8:03:50

7 A

IGUSTI BAYU SUWARNO

Menyenangkan

Ya menyenangkan

11/26/2021 13:07:45

7 A

SAFIRA NURUL HIDAYAH

Menyenangkan tidak terlalu tegang dan juga mudah difahami

Iya matematika sangat menyenangkan dan menarik juga mudah dipahami

11/26/2021 13:37:22

7 A

MUHAMMAD ALFIAN ARYA DENANDA

Enak,sabar,ramah, agak gokil, dan sangat jelas

Menyenangkan, seru,dapat berfikir keras, menyenangkan sekali,dan sulit

11/26/2021 15:09:32

7 A

M. ZIDAN IZZUL FIKRI

Lumayan

Lumayan

11/26/2021 16:18:04

7 A

SUCI NUR LAILI

Menyenangkan

Aljabar

11/26/2021 17:12:05

7 A

M. IMAM ALIF WAHYUDI

Orang nya ramah dan baik.

Enak aja sih

11/26/2021 19:43:44

7 A

M. BUJA HAMKA

Baik,sopan,rajin, terampil,rapi

Iya,sangat baik,mudah faham, sederhana, dan memperbanyak ilmu

11/27/2021 5:15:26

7 A

RALDIANSYAH RIKO EFENDI

SANGAT SERU

Matematika menyenangkan

11/27/2021 11:55:35

7 A

M. AMER HAMZAH

Senang sekali

Ya pelajaran mtk sangat menyenangkan

 

Selain  itu 2 minggu setelah melaksanakan Kegiatan On Service Learning, dengan antusias mereka, mereka memberi kejutan tepat padi peringatan Hari Guru Nasional

Gambar 4 Apresiasi Siswa

https://www.youtube.com/watch?v=FiSs9GAPn8U&t=16s

Kegiatan In Service Learning 2.

Tahap ini dilakukan secara tatap muka bersama fasilitator dan teman sejawat untuk melaporkan dan mendiskusikan hasil kegiatan on. Arahkan diskusi pada refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran. Jika memiliki data-data hasil PTK dapat pula dijadikan sebagai bahan diskusi dalam kegiatan ini.

Description: E:\DOWNLOAD\260127005_569560397831607_1414312196295038695_n.jpg

Gambar 5 Fasilitator dan Teman Sejawat

Description: E:\DOWNLOAD\257979215_564201228367524_1343146239556893425_n.jpg

Gambar 6 Fasilitator dan Teman Sejawat

Menurut saya kegiatan PKB ini sangat mengesankan dan banyak sekali ilmu yang di dapatkan baik dalam proses Tatap Muka In-On-In. Sembari mendapatkan pengalaman dari gruru teman sejawat dari madrsah tempat pelaksanaan on di masing-masing unit pelaksanaan, ada ice breaking, tugas kelompok, presentasi, dan refleksi.

Demikian kesan penulis dalam mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, tentu saja penulis sebagai guru di sini masih menyadari banyak kekurangan secara pribadi, sehingga saran dan kritik sangat penulis harapkan agar ke depan dapat melaksanakan kegiatan yang lebih baik. Demikian tulisan yang sederhana ini yang memberikan kesan yang amat dalam bagi penulis, terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senangnya Menabung di BNI TabunganKu

Assalamualaikum Alhamdulillahirobbil alamiin Akhirnya setelah aku memilah milah produk bank, pilihanku jatuh pada BNI - Produk Tabunganku. seperti apakah BNI Produk Tabunganku? Saat aku membuka rekening inilah kronologi ceritaku ⦁ Awalnya cuma niat nabung jadi aku kira dapat buku tabungan aja, ternyata CS nya baik bgt dan aq diberikan banyak penjelasan Customer Service (CS) BNI ⦁ Aku membayar Rp 6.000  untuk biaya matrai dan Rp 5.000  untuk ATM, ternyata produk ini bisa menikmati fasilitas ATM loh, tp ATM dlm negeri (tanpa biaya administrasi atm bulanan) ⦁ ATM nya baru jadi setelah satu minggu pembukan rekening, karena tertera nama saya di atmnya, hehehe ⦁ Langsung aja aku nabung sebesar Rp 20.000,- ⦁ Bisa nabung (setor tunai) pakek mesin CDM jg (Rp 50.000 dan Rp 100.000 jd gak usah antri ke teller kita udah bisa nabung, btw ini tergantung mesin cdm nya membolehkan pecahan berapanya ⦁ Tanpa biaya administrasi bulanan (bener-bener gratis)

Menabung di BRI TabunganKu

Assalamualaikum arek-areek pembaca blog ^^ Alhamdulillahirobbil alamiin Rek... aku mau cerita nih, pengalam gimana cara aku bisa membuka rekening BRI TabunganKu Jujur sih agak susah, menurutku produk BRI TabunganKu terkesan kurang dipromosikan produk ini Seringkali aku datang ke kantor bri, dan juga seringkali yang ditawarkan mbak CS (Customer Service) nya ya produk Simpedes atau Britama                      CS (Customer Service)  BRI Kronologi membuka rekening BRI TabunganKu Suatu hari aku datang ke Bank BRI yang ada di kabupaten, ehm banknya lumayan besar sih, krn kalau di kecamatan kan agak lebih kecil gitu ya Lalu aku bertanya pada CS nya dan aku diberitahu, kalau membuka rekening BRI TabunganKu itu harus ke agen BRI Link (yang di desa atau warung-warung gitu), hmm ....sama juga... ujung-ujungnya saya ditawari mbak CS nya produk Simpedes atau Britama, wajar  sih karena Simpedes atau Britama adalah produk BRI yang hits... karena memang banyak fasilit

Menabung di Bank Mandiri TabunganKu

Vlog MANDIRI TABUNGANKU Hallo semua Disini aku akan memberikan ulasan mengenai  Mandiri TabunganKu Buku Tabungan dan ATM Update ATM Update ATM All Kelebihan Mandiri TabunganKu ⦁  Saldo minimal Rp 20.000 ⦁  Dapat buku tabungan dan ATM (aq dapat ATM dengan saldo awal saya saat itu Rp 20.200) ⦁  Dapat buku tabungan ⦁  Bisa tarik tunai di ATM maksimal Rp 1.000.000/hari ⦁  Bisa internet banking, btw ini aq iseng-iseng daftar di atm jadi hanya untuk transaksi non finansial seperti cek saldo, cek mutasi rekening seperti misalnya cek dapet tranferan dari orang lain, berikut review screenshotnya Internet Banking di PC Internet Banking di PC Kekurangan Mandiri TabunganKu ⦁  Tidak dapat melakukan tranfer melalui atm, jadi solusinya kamu kalo mau tranfer ya setor tunai saja ke bank mandiri langsung kepada nomor rekening tujuan kamu, jadi tidak memotong dari saldo tabungan kamu ⦁  Tidak mendapat fasilitas