Implementasi Kegiatan PKB GURU Matematika MTs KKM 4 dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Metode Diskusi di MTs Al Hikmah Pucangsimo Bandar Kedungmulyo Jombang
Penulis: Baiti Jannati, S.Pd.
Pendidikan merupakan proses yang sangat strategis dalam
mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga harus dilakukan secara profesional.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru Pasal 10 ayat (1) mengamanatkan
bahwa guru yang profesional harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Keempat kompetensi
tersebut merupakan suatu kesatuan yang menjadi ciri guru profesional. Agar guru
dapat melaksanakan tugas profesinya dengan baik, seorang guru perlu
meningkatkan kompetensi dan kinerjanya secara bertahap, berjenjang, dan
berkelanjutan melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru.
Strategi pelaksanaan PKB guru madrasah yang ditempuh oleh
Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah melalui MGMP. Untuk
mendukung program tersebut, disediakan pula modul sebagai salah satu aternatif
sumber bahan ajar bagi guru untuk mempelajari konten materi, merancang
pembelajaran dan cara mengajarkannya, mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik,
mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Tujuan modul tersebut
Meningkatkan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru melalui
kegiatan PKB, meningkatkan hasil Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Menfasilitasi
sumber belajar guru dan peserta didik dalam mengembangkan kurikulum,
mempersiapkan dan melaksanaan pembelajaran yang mendidik.
Manfaat yang ingin dicapai sebagai sumber belajar bagi guru
dalam melaksanakan PKB untuk mencapai target kompetensi pedagogis dan
kompetensi profesional, sumber bagi guru dalam mengembangkan kurikulum, persiapan
dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik, bahan melakukan asesmen mandiri
guru untuk peningkatan keprofesionalan, sumber dalam merencanakan dan
melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik,
sumber belajar bagi peserta didik untuk mencapai target kompetensi dasar. Adapun Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah juga
menyediakan modul untuk inspirasi perangkat pembelajaran Guru kepada Peserta didik. Dalam modul
tersebut disediakan pula Petunjuk Penggunaan Agar Anda
berhasil dengan baik dalam mempelajari dan mempraktikkan modul tersebut
Kegiatan Pembelajaran untuk menyelesaikan setiap Unit
Pembelajaran dilakukan melalui tatap Muka In-On-In
Lakukan penilaian mandiri
sebagai refleksi ketercapaian target kompetensi.
Gambar 1 Alur Tatap Muka
In-On-In
Kegiatan In Service Learning 1.
Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka untuk mengkaji
materi bersama fasilitator dan teman sejawat. Kegiatan yang dilakukan
diantaranya: melakukan analisis kurikulum dan analisi hasil belajar untuk
mengetahui kebutuhan kompetensi peserta didik, mempelajari konten materi
pembelajaran, mendiskusikan materi ajar yang sulit atau berpeluang terjadi
miskonsepsi, mendesain pembelajaran yang sesuai dengan daya dukung madrasah dan
karakteristik peserta didik, mempelajari dan melengkapi LKPD, mempersiapkan
intrumen penilaian proses dan hasil belajar, dalam kegiatan ini, jika berkenan guru
juga dapat juga dilakukan rencana pengambilan data untuk dikembangkan menjadi
Penelitian Tindakan Kelas.
Dalam perencanaan ini guru melaksanakan Kegiatan In Service
Learning 1 di di MTs Al Hikmah Pucangsimo Bandar Kedungmulyo Jombang di Kelas
7A dengan jumlah 22 siswa, 16 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan.
No |
NISN |
Nama |
L/K |
Tempat |
Tanggal Lahir |
1 |
3081091831 |
Igusti Bayu
Suwarno |
L |
Kediri |
13
Agustus 2008 |
2 |
3081131333 |
Levina Putri
Oktavia |
P |
Jombang |
10
Agustus 2008 |
3 |
0094266054 |
M. Amer Hamzah |
L |
Jombang |
15
Januari 2009 |
4 |
3099510054 |
M. Buja Hamka |
L |
Jombang |
13
Januari 2009 |
5 |
3080116302 |
M. Imam Alif
Wahyudi |
L |
Jombang |
21
Nopember 2008 |
6 |
3080279394 |
M. Zidan Izzul
Fikri |
L |
Jombang |
23
Maret 2008 |
7 |
0084314013 |
Mochammad Rendy
Wijaya |
L |
Sidoarjo |
08
Mei 2008 |
8 |
3087528341 |
Mohammad Nabil
Ainurrafif |
L |
Jombang |
14
Nopember 2008 |
9 |
0082816656 |
Muhammad Alfian
Arya Denanda |
L |
Jombang |
28
Mei 2008 |
10 |
0087808476 |
Muhammad Arga
Jaya Saputra |
L |
Jombang |
10
Oktober 2008 |
11 |
3090458011 |
Muhammad Asrom |
L |
Jombang |
15
April 2009 |
12 |
0084126400 |
Muhammad Dava
Firdaus |
L |
Jombang |
02
Oktober 2008 |
13 |
0092802906 |
Muhammad Maulana
Ubaidillah |
L |
Jombang |
17
Maret 2009 |
14 |
3087949517 |
Muhammad Raihan
Al Karromaini Cidiyat |
L |
Kediri |
19
Nopember 2008 |
15 |
3087191389 |
Muhammad
Syaifulloh Yusuf |
L |
Kediri |
24
Mei 2008 |
16 |
3092560812 |
Muhammad Zidan
Ali |
L |
Jombang |
13
Februari 2009 |
17 |
3089291002 |
Novia Rahmita
Putri |
P |
Jombang |
29
Oktober 2008 |
18 |
0098084065 |
Raldiansyah Riko
Efendi |
L |
Jombang |
06
Maret 2009 |
19 |
3095362963 |
Riska Sari |
P |
Jombang |
17
Februari 2009 |
20 |
3094642762 |
Safira Nurul
Hidayah |
P |
Jombang |
10
Juli 2009 |
21 |
0099011516 |
Suci Nur Laili |
P |
Jombang |
01
Juli 2009 |
22 |
3089044958 |
Whilda Nia Hafia |
P |
Jombang |
08
Juni 2008 |
Kegiatan On Service Learning
Kegiatan On Service Learning. Guru dapat mengkaji kembali
uraian materi secara mandiri dan melakukan aktivitas belajar di madrasah, membuat
catatan-catatan peluang dan hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan
pembelajaran dan data pendukung PTK. Hasil kegiatan on baik berupa tugas lembar
kerja maupun tugas lainnya dilampirkan sebagai bukti fisik bahwa Anda telah
menyelesaikan seluruh tugas on yang ada di madrasah.
Sebelum mempraktikkan modul, ada beberapa perangkat
pembelajaran, alat dan bahan yang harus disiapkan oleh guru dan peserta didik
agar proses pembelajaran berjalan dengan baik di antaranya kertas kartoo,
spidol merah, spidol biru, spidol hitam, spidol hitam, gunting dan kertas
origami.
|
|
|
|
Gambar 2 Lembar Kerja Peserta
Didik
Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode diskusi ini,
guru mengalami berbagai hal menarik saat melaksanakan Kegiatan On Service
Learning, pembelajaran antara lain; kegiatan diskusi diskuasi memerlukan waktu
yang cukup banyak, ssehingga guru harus membuat waktu seefisien mungkin, guru
juga tidak membiarkan siswa tidak aktif begitu saja dalam kegiatan diskusi,
proses diskusi ini cukup seru karen kegiatan ini siswa harus menuangkan jawaban
LKPD dalam bentuk yang unik dan kreatif, setelah diskusi berakhir diskusipun
dimulai namun siswa belum terlalu berpengalaman dalam kegiatan diskusi sehinga,guru
harus memberi contoh dulu dalam melaksanakan presentasi dikarenakan saat siswa
mulai berpresentasi mereka tidak tahu apa yang harus mereka katakan, sehingga
guru memberi contoh agar siswa dapat terahrahkan saat melaksanakan presentasi,
kegiatan presentasi sangat lucu sekali dilakukan oleh siswa yang memiliki bakat
melucu namun presentasi dapat berjalan
dengan baik, kegiatan ini diabadikan pula oleh guru yang bersangkutan dalam
channel YouTubenya @BaitiJannati94
Gambar 3 Presentasi Siswa
https://www.youtube.com/watch?v=NEqnDiUV-Tc
Menurut beberapa peserta didik kegiatan diskusi ini sangat
menyenangkan, data ini di dapatkan pada survei yang dilakukan oleh guru pada
peserta didik menggunakan google form, beriku ini beberapa kesan peserta didik
mengikuti Kegiatan On Service Learning
Time stamp |
Kelas |
NAMA |
Bagaimana kesanmu belajar
Matematika bersama Bu Baiti? (tulis minimal 5 kata, menggunakan bahasamu,
bebas dan sopan) |
Menurutmu, apakah
Matematika pelajaran yang menyenangkan? (tulis minimal 5 kata, menggunakan
bahasamu, bebas dan sopan) |
11/25/2021
17:44:13 |
7 A |
LEVINA
PUTRI OKTAVIA |
Sangat
senang dan menyenangkan sekali |
Ya
sangat menyenangkan sekali |
11/25/2021
17:45:27 |
7 A |
RISKA
SARI |
Sangat
Seru,dan mudah di pahami |
Tidak,
karena saya tidak begitu suka dengan matematika |
11/25/2021
17:57:32 |
7 A |
MOHAMMAD
NABIL AINURRAFIF |
Bagus |
Biasa
saja |
11/25/2021
18:14:16 |
7 A |
MOCHAMMAD
RENDY WIJAYA |
Asik |
Menyenangkan |
11/26/2021
8:03:50 |
7 A |
IGUSTI
BAYU SUWARNO |
Menyenangkan |
Ya
menyenangkan |
11/26/2021 13:07:45 |
7 A |
SAFIRA
NURUL HIDAYAH |
Menyenangkan
tidak terlalu tegang dan juga mudah difahami |
Iya
matematika sangat menyenangkan dan menarik juga mudah dipahami |
11/26/2021
13:37:22 |
7 A |
MUHAMMAD
ALFIAN ARYA DENANDA |
Enak,sabar,ramah,
agak gokil, dan sangat jelas |
Menyenangkan,
seru,dapat berfikir keras, menyenangkan sekali,dan sulit |
11/26/2021
15:09:32 |
7 A |
M.
ZIDAN IZZUL FIKRI |
Lumayan |
Lumayan |
11/26/2021
16:18:04 |
7 A |
SUCI
NUR LAILI |
Menyenangkan |
Aljabar |
11/26/2021
17:12:05 |
7 A |
M.
IMAM ALIF WAHYUDI |
Orang
nya ramah dan baik. |
Enak
aja sih |
11/26/2021
19:43:44 |
7 A |
M.
BUJA HAMKA |
Baik,sopan,rajin,
terampil,rapi |
Iya,sangat
baik,mudah faham, sederhana, dan memperbanyak ilmu |
11/27/2021
5:15:26 |
7 A |
RALDIANSYAH
RIKO EFENDI |
SANGAT
SERU |
Matematika
menyenangkan |
11/27/2021
11:55:35 |
7 A |
M.
AMER HAMZAH |
Senang
sekali |
Ya
pelajaran mtk sangat menyenangkan |
Selain itu 2 minggu setelah
melaksanakan Kegiatan On Service Learning, dengan antusias mereka, mereka
memberi kejutan tepat padi peringatan Hari Guru Nasional
Gambar 4 Apresiasi Siswa
https://www.youtube.com/watch?v=FiSs9GAPn8U&t=16s
Kegiatan In Service Learning 2.
Tahap ini dilakukan secara tatap muka bersama fasilitator
dan teman sejawat untuk melaporkan dan mendiskusikan hasil kegiatan on. Arahkan
diskusi pada refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran. Jika
memiliki data-data hasil PTK dapat pula dijadikan sebagai bahan diskusi dalam
kegiatan ini.
Gambar 5 Fasilitator dan Teman Sejawat
Gambar 6 Fasilitator dan Teman
Sejawat
Menurut saya kegiatan PKB ini sangat mengesankan dan banyak
sekali ilmu yang di dapatkan baik dalam proses Tatap Muka In-On-In. Sembari mendapatkan
pengalaman dari gruru teman sejawat dari madrsah tempat pelaksanaan on di
masing-masing unit pelaksanaan, ada ice breaking, tugas kelompok, presentasi,
dan refleksi.
Demikian kesan penulis dalam mengikuti berbagai kegiatan
yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah,
tentu saja penulis sebagai guru di sini masih menyadari banyak kekurangan
secara pribadi, sehingga saran dan kritik sangat penulis harapkan agar ke depan
dapat melaksanakan kegiatan yang lebih baik. Demikian tulisan yang sederhana
ini yang memberikan kesan yang amat dalam bagi penulis, terima kasih.
Komentar